MENGAPA SUARA PIANO SAYA TIDAK BAGUS?

MENGAPA SUARA PIANO SAYA TIDAK BAGUS?
_____________________________________
Banyak pemilik piano akustik ataupun orang tua murid bertanya soal ini. Permasalahan suara piano ini terjadi karena faktor piano itu sendiri, faktor ruangan dan faktor lingkungan dan perawatan.1. Saat membeli piano sesuaikan ukuran piano dengan kapasitas ruang. Soundboard pada piano yang semakin luas tentu membutuhkan ruang yang luas. Piano besar memantulkan bunyi dengan lebih besar intensitasnya dibanding yang bersoundboard kecil. Jika anda terlanjur memiliki piano kecil tegak, anda dapat meletakkannya pada ruang yang lebih kecil, atau bidang dengan luas terkecil jika ruangan berbentuk L.

2. Jaga suhu dan kelembaban piano. Jauhkan piano Anda dari dinding eksterior yang terkena matahari, jendela berangin dan pintu. Fluktuasi suhu atau kelembaban menyebabkan kayu – termasuk yang penting soundboard – melengkung dan menyebabkan kerusakan permanen. Untuk kerusakan kecil akibat pengaruh suhu dan kelembaban dapat terasa seperti tuts yang agak seret, bunyi yang tidak rata, maupun suara yang semakin meredam.

3. Ruang piano Anda harus meningkatkan suara piano Anda. Suara “Bright” pada piano yang terdengar jelas treble yang agak menusuk – diimbangi dengan lingkungan penyerap seperti karpet dan lantai kayu. Demikian juga jika suara piano bagus tetapi bersuara pelan, dapat kita perkuat dengan menempatkannya pada bidang tengah dinding suatu ruang dengan luas terkecil agar suara menjadi lebih keras. Sebaiknya jangan meletakkan piano dibawah tangga, karena selain reproduksi suara yang tidak baik, perputaran udara yg kurang juga membuat piano mudah lembab dan rusak.

4. Stem piano anda jika anda rasa suara sudah out of tune atau mulai tidak pitch. Jangan letakkan barang-barang atau hiasan diatas piano yang dapat mempengaruhi getaran bunyi.

Salam MKI!

MENGAPA SUARA PIANO SAYA TIDAK BAGUS? _____________________________________ Banyak pemilik piano akustik ataupun orang tua murid bertanya soal ini. Permasalahan suara  piano ini terjadi karena faktor piano itu sendiri, faktor ruangan dan faktor lingkungan dan perawatan.  1. Saat membeli piano sesuaikan ukuran piano dengan kapasitas ruang. Soundboard pada piano yang semakin luas tentu membutuhkan ruang yang luas. Piano besar memantulkan bunyi dengan lebih besar intensitasnya dibanding yang bersoundboard kecil. Jika anda terlanjur memiliki piano kecil tegak, anda dapat meletakkannya pada ruang yang lebih kecil, atau bidang dengan luas terkecil jika ruangan berbentuk L.  2. Jaga suhu dan kelembaban piano. Jauhkan piano Anda dari dinding eksterior yang terkena matahari, jendela berangin dan pintu. Fluktuasi suhu atau kelembaban menyebabkan kayu - termasuk yang penting soundboard - melengkung dan menyebabkan kerusakan permanen. Untuk kerusakan kecil akibat pengaruh suhu dan kelembaban dapat terasa seperti tuts yang agak seret, bunyi yang tidak rata, maupun suara yang semakin meredam.   3. Ruang piano Anda harus meningkatkan suara piano Anda. Suara
(Source: Pak Jefrey Sembiring, MKI)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s