Pernah Dengar Musik Hiphop? Kita Kenalan Dengan Komunitasnya Yuk!

logo-bekasi-hiphop

Apa yang anda pikirkan apabila mendengar kata hiphop? Pasti sebuah genre music atau mungkin Rap, semua benar. Hiphop adalah sebuah kultur yang lahir di Bronx sekitar tahun 70-an yang pada saat itu sebagai bentuk perlawanan terhadap penindasan ras kulit hitam. Hiphop sendiri itu memiliki 5 Elemen yaitu Rap, DJ, Graffity, Beatbox, dan Breakdance. Hiphop juga sempat memiliki masa jayanya di Indonesia pada sekitar tahun 90-an dan sampai sekitar awal 2000-an namanya mulai meredup dan hanya beberapa Rapper yang masih sering muncul di TV, tapi bukan berarti redup tanda kalau tidak ada yang melestarikan, ternyata ada banyak yang masih melestarikan kultur ini, mulai dari perorangan, grup, atau bahkan komunitas, yang salah satunya menamai komunitas mereka dengan Bekasi Hiphop.

Bekasi Hiphop didirikan pada 2012 di kota Bekasi. Dan sebenarnya apa saja sih kegiatan mereka? Tentunya selain membahas tentang bagaimana music hiphop yang ada di Indonesia pastinya banyak kegiatan lainnya, seperti perform di berbagai acara yang ada di Bekasi atau kota lainnya yang ada disekitarnya, mengadakan event dengan komunitas lain, atau memberi coaching clinic tentang hal yang berhubungan dengan musik, seperti bagaimana cara membuat lagu, menulis lirik yang sesuai dengan hiphop, dan masih banyak lagi.

Menurut Irfan, pendiri Bekasi Hiphop bahwa komunitas ini awalnya hanya dianggotai 4 orang, dan sekarang setelah 4 tahun berdiri sudah sekitar ada 50 member aktif yang ada di komunitas ini. Keahliannya pun bukan hanya Rap saja, tapi ada juga yang di Beatbox, Breakdance, dan DJ.

Dan menurut salah satu anggota dari Bekasi Hiphop ini bahwa masih banyak orang memandang sebelah mata tentang hiphop ini, “Enggak jarang sih orang diluar sana yang melihat kita sebelah mata, yang dibilang minim musikalitas, atau ada juga yang bilang music yang nggak bisa dinikmatin” tutur Fachriy, salah satu anggota yang baru-baru ini launching video klipnya yang berjudul Lepaskan. “Harapannya sih dari lagu ini yang genrenya EDM karena banyak orang kita suka musik EDM bikin mereka tertarik gitu ke hiphop, minimal biar mereka bisa membuka mata untuk kita” sambung pria 21 tahun ini.

Jadi bagaimana? Apakah tertarik dengan genre ini? Dan berikut adalah salah satu karya dari anggota komunitas ini. Enjoy! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s