Selamat Hari Olahraga Nasional yang ke-33! Yuk kita lihat sejarahnya

Image result for haornas 33

BANYAK rakyat Indonesia yang tahu tentang Hari-hari yang diperingati secara nasional di Indonesia, seperti Hari Pendidikan Nasional, Hari Sumpah Pemuda, dan lain sebagainya. Akan tetapi tak banyak yang tahu tentang Hari Olahraga Nasional.

Berikut ini akan dibahas mengenai Hari Olahraga di Indonesia dan sejarahnya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, yang harus dilakukan selain mengkonsumsi makanan yang sehat serta berolahraga.

Hari Olahraga di Indonesia

Di Indonesia, Hari Olahraga diperingati setiap tanggal 9 September. Lalu, sejak kapan Hari Olahraga di Indonesia diperingati? Tanggal yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Olahraga awalnya merupakan tanggal dimana Pekan Olahraga Nasional (PON) diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia.

Awal Mula Diadakannya PON

PON pertama kali dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno, dan untuk penutupannya ditutup secara resmi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang ketika itu menjabat sebagai Ketua KORI (Komite Olimpiade Republik Indonesia). PON pertama diadakan di kota Solo, Jawa Tengah. Di penyelenggaraan awal, peserta bukanlah berasal dari perwakilan masing-masing provinsi, akan tetapi perwakilan dari tingkat Karesidenan dan Kota.

Di PON pertama, ada 13 Karesidenan/Kota yang berpastisipasi, yaitu Yogyakarta, Madiun, Magelang, Semarang, Surakarta, Bandung, Malang, Kedu, Surabaya, Jakarta, dan Banyuwangi. Juara umum pada PON Solo adalah Kota Solo sendiri dengan raihan 36 medali dari jumlah total 108 medali.

Ada sekitar 600 atlet yang mengikuti PON Pertama yang memperebutkan medali dengan bertanding di sembilan cabang olahraga, yaitu Bulu Tangkis, Renang, Tenis, Panahan, Pencak Silat, Bola Basket, Atletik, Lempar Cakram, dan Sepak Bola. Pelaksanaan PON pertama ini tidak hanya terkait prestasi olahraga di dalam negeri saja, akan tetapi juga menyangkut gengsi serta harkat dan martabat Bangsa dan Negara.

Hal ini berawal dari penyelenggaraan Olimpiade ke -14 di London yang mana ketika itu Inggris selaku tuan rumah menolak kehadiran atlet Indonesia. Inggris beralasan karena Indonesia yang baru merdeka belum memiliki prestasi di bidang olahraga sehingga belum layak untuk bisa masuk ke ajang Olimpiade.

Akan tetapi, alasan tersebut bukanlah alasan yang sebenarnya, alasan sesungguhnya masuknya Indonesia ke Olimpiade lebih bersifat politis, karena Inggris merupakan sekutu Belanda, di kala itu, Belanda masih belum menerima kemerdekaan Indonesia. Ditambah lagi, penolakan tersebut berkaitan pula dengan masalah Papua. Sebagai sekutu Belanda, Inggris mendukung penuh Belanda agar mempertahankan kekuasaan di Papua. Bahkan, hasil dari Konferensi Meja Bundar yang ditandatangani di Den Haag pada 22 Desember 1949 diingkari.

Salah satu poin dalam KMB adalah Belanda akan menyerahkan seluruh wilayah Republik Indonesia yang menjadi bekas jajahannya untuk kembali ke pangkuan NKRI, kecuali wilayah Papua Barat yang penyerahannya akan dilakukan setelah 2 tahun dari KMB. Akan tetapi, hingga tahun 1963, Belanda tetap menguasai Tanah Papua, bahkan diam-diam Belanda mempersiapkan untuk melepaskan Papua dari NKRI dan mendirikan negara ‘West Papua’.

Indonesia yang berharap besar pada Olimpiade London untuk dapat menunjukkan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia kepada dunia. Oleh karena itu, Indonesia sangat tersinggung tatkala kehadirannya ditolak oleh Inggris. Bangsa Indonesia merasa jika harga dirinya dilecehkan.

Akhirnya, berawal dari ketersinggungan tersebut Indonesia tak mau putus semangat, Persatuan Olahraga Indonesia (PORI) menggelar konferensi darurat di Solo pada tahun 1948 dan kemudian menggelar PON untuk menandakan jika Indonesia itu ada. Ruh perjuangan tersebutlah yang menjadikan PON selalu hidup dari masa ke masa.

Pekan Olahraga Nasional menjadi bukti jika olahraga Indonesia mampu berbicara, serta mampu ikut serta melaksanakan peran strategis dalam revolusi kemerdekaan. Demikian sejarah tentang Hari Olahraga Nasional di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda untuk memajukan olahraga di Indonesia.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s