Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik di Dunia

047416400_1481618255-shutterstock_475298776.jpg

Selain hari raya, tahun baru pun menjadi salah satu momen liburan yang paling dinanti oleh semua orang di dunia. Pergantian tahun memang jadi saat yang tepat untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Beberapa negara di dunia memiliki tradisi yang biasa dilakukan untuk merayakan malam pergantian baru. Penduduk Indonesia pun memiliki tradisi unik menyambut tahun baru. Berikut ini tradisi perayaan tahun baru unik di dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/12/2016).

1. Indonesia

Tak lengkap jika merayakan tahun baru di Indonesia tanpa menggunakan terompet dan kembang api. Para remaja biasanya berjalan-jalan keliling kota dengan cara konvoi kendaraan baik menggunakan motor ataupun mobil. Saat tahun baru, beberapa kota besar di Indonesia biasanya mengadakan acara Festival Kembang Api atau konser musik. Konvoi tersebut biasanya dilakukan untuk menambah meriah rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi. Tak hanya itu, para keluarga di Indonesia pun biasanya mengadakan acara pesta barbecue di malam hari sambil menunggu pergantian tahun tiba.

jakarta-new-year_22B39062EA534BA79EE3F7341F938CDB.jpg

2. Denmark

Denmark memiliki cara unik untuk merayakan tahun baru sebab mereka memiliki tradisi broken plates atau piring pecah yang dilakukan tiap malam tahun baru. Dalam waktu setahun para warga akan mengumpulkan piring-piring tak terpakai untuk kemudian dilemparkan ke pintu rumah temannya di tanggal 31 Desember. Tak ada perasaan tersinggung ataupun mengeluh saat rumahnya dilempari dengan piring-piring bekas tersebut. Mereka yang rumahnya paling banyak terkena lemparan justru diyakini sebagai orang yang ramah dan banyak teman.

new_danish_-year-tradition-broken-plates.jpg

3. Ekuador

Orang ekuador memiliki tradisi membakar orang-orangan sawah pada malam pergantian tahun untuk mencegah kesialan yang datang. Selain itu, mereka pun percaya jika membakar kenangan-kenangan masa lalu di malam tahun baru seperti foto tak menyenangkan bisa mendatangkan keberuntungan. Hmm.. bagaimana dengan foto mantan pacar?

2421-610x360.jpg

5. Meksiko

Di Meksiko, tradisi menggunakan pakaian dalam berwarna-warni di malam tahun baru dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Tiap warna memiliki arti yang berbeda-beda, lho. Merah melambangkan cinta, kuning melambangkan kekayaan, dan putih melambangkan kedamaian. Pilih warna apa untuk tahun baru nanti?

6. Jepang

Banyak sekali tradisi tahun baru yang dilakukan penduduk Jepang. Tradisi ini dimulai dengan bersih-bersih rumah untuk menyucikan tempat tinggal mereka.  Setelah itu, mereka akan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk menikmati sajian-sajian khusus tahun baru yang disiapkan seperti mi soba. Memakan mi soba di malam tahun baru dipercaya dapat membuat seseorang panjang umur. Tradisi lainnya adalah penyucian lonceng yang dilakukan dengan membunyikannya sebanyak 108 kali. Tradisi ini dipercaya dapat membuang segala hal-hal negatif yang ada di diri manusia.

7. Spanyol

Orang spanyol percaya jika bisa memasukkan langsung 12 butir anggur ke dalam mulut di malam pergantian tahun, keberuntungan akan menghampiri Anda di tahun berikutnya. Tradisi ini dikenal dengan nama “Las Doce Uvas De La Buena Suerte”.

8. Belgia

Masyarakat Belgia menyambut tahun baru dengan perayaan pesta keluarga. Biasanya mereka akan membuat pesta yang hanya dihadiri oleh keluarga atau kerabat terdekat. Para tamu akan saling berpelukan dan bertukar kartu ucapan untuk menyambut malam tahun baru. Anak-anak Belgia selalu menyimpan uang jajannya sebelum malam tahun baru tiba agar dapat membeli hadiah tahun baru untuk orangtuanya.

Happy New Years 2017

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s