Amatra Peduli “Gerakan Satu Pohon Sejuta Perubahan”

DSC0600_1.jpg

Seperti kita ketahui Pulau Bali yang memiliki keanekaragaman keunikan budaya dan adat serta tradisinya, juga menyimpan banyak potensi sumber daya yang melimpah. Sayangnya potensi itu, kurang mendapat perhatian karena tenggelam oleh gemerlapnya daya tarik wisata di Bali selatan. Namun di mata salah satu Wakil Rakyat Bali di tingkat pusat yang kini menjabat Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra, M.H kesan tersebut mulai berubah. Amatra sapaan akrab Politisi asal Kerobokan, Badung itu mulai menggerakan generasi muda di seluruh Bali untuk menaman pohon apa saja, salah satunya bibit buah unggul dengan memamaafkan potensi lahan kosong atau tanah yang tidak pernah dimamfaatkan, sehingga bisa menambah penghasilan masyarakat sekitarnya.

Cita-cita lewat Program Amatra Peduli itu, juga bertujuan untuk mengembalikan keasrian alam dan lingkungan di Bali yang tertuang dalam “Gerakan Satu Pohon Sejuta Perubahan” sekaligus mengajak seluruh generasi muda di Bali, diantaranya anggota Sekehe Teruna Teruni (STT) maupun Karang Taruna dan perkumpulan pemuda lainnya, agar kembali terketuk hatinya untuk terus menjaga alam dan lingkungan agar bisa menjadi warisan anak cucunya kelak. Untuk itu, tepat di penghujung tahun 2016, Amatra Peduli bersama warga dan anggota STT setempat kembali menggelar Gerakan Satu Pohon Sejuta Perubahan dengan optimalisasi lahan untuk kesejahteraan rakyat di sekitar kawasan Desa Wisata Pancoran Solas, Desa Guliang Kangin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Sabtu (31/12).

 

Kehadiran Amatra langsung disambut para pemangku, pengglingsir dan krama desa beserta pengurus STT di Desa Guliang Kangin. Pada saat itu, Bendesa Adat Guliang Kangin, Ngakan Putu Suarsana sangat mengapresisi dukungan Amatra yang mengajak generasi muda bersama warga untuk ikut Gerakan Satu Pohon Sejuta Perubahan, sehingga dapat mengembalikan kepedulian terhadap alam dan lingkungan di Desa Wisata Guliang Kangin. “Program Amatra Peduli di desa wisata ini patut dicontoh oleh semua lapisan masyarakat. Kita sangat apresiasi kepedulian Pak Gung Adhi (Amatra, red) yang langsung turun menggerakan generasi muda yang sejak awal selalu berbuat untuk masyarakat. Bahkan sekarang juga ikut gerakan menaman bersama para pemuda untuk menjaga lingkungan sebagai garda terdepan menjalankan adat dan budaya,” ungkapnya.

Dikatakan sebelumnya, Amatra juga pernah menyerahkan bantuan bale kulkul di Desa Guliang. Kepedulian Amatra itu berlanjut dengan memberikan perhatian lebih kepada generasi muda, karena banyak pengaruh negatif yang bisa menjerumuskan generasi muda seperti dampak negatif medsos dan pergaulan bebas. Sehingga dari awal kegiatan penanam pohon seperti yang digencarkan Amatra Peduli terus dilakukan seperti gerakan menanam pohon cempaka yang sudah berjalan selama setahun. “Kita sangat mendukung gerakan menanam dari Amatra Peduli, karena kita tidak ingin desa wisata hanya jadi label saja. Program ini selanjutnya akan didukung Gerakan Sapta Pesona dan Sadar Wisata. Terkait kebersihan juga terus digalakan dengan sistem bank sampah sesuai tradisi dan budaya. Apalagi sebelumnya juga pernah dibantu jembatan dan akses jalan ke Pancoran Solas sehingga menjadi desa wisata yang unik,” katanya.

Gerakan Satu Pohon Sejuta Peruhanan dari Amatra Peduli ini, ternyata langsung mematik kembali semangat generasi muda disekitar kawasan Desa Wisata Pancoran Solas yang kompak datang bersama-sama Amatra untuk menanam satu persatu bibit pohon buah unggul, berupa ratusan bibit manggis dan durian. Rasa lelah menanam bibit pohon di medan yang berat dan cukup curam tersebut nampaknya terhapuskan dengan semangat dan rasa bangga mereka, jika kelak bisa merawat dan memetik hasil buah yang ditanam saat pergantian tahun 2016 menuju 2017. “Terima kasih atas dukungan Pak Gung Mahendra (Amatra, red) kepada generasi muda untuk mengembangkan desa wisata agar dikenal masyarakat luas. Usai menanam, kita akan programkan pembersihan pohon yang ditanam di Pancoran Solas. Kita harapkan Amatra Peduli bisa terus mendukung kegiatan kami di desa wisata ini,” ucap Ketua STT Eka Budi Dharma, I Made Gede Gita Adiyana.

Usai gerakan menanam tersebut, Amatra mengaku sempat prihatin dengan Bendesa Adat Guliang Kangin yang menanggung beban berat menyandang desa wisata, karena harus terus menjaga desa tetap asri, baik dari sisi adat dan budaya maupun alam serta lingkungannya. Namun dengan semangat bersama warga dan generasi muda tersebut, nantinya desa wisata ini malah bisa dikembangkan menjadi desa spiritual. “Kita menyerahkan bibit pohon buah-buahan di wilayah Pancoran Solas, sehingga adik-adik STT harus terus peduli lingkungan. Bibit yang ditanam juga unggul bersertifikat tidak bibit sembarangan, sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik. Ini bisa menjadi pendapatan yang tidak diduga. Selama 3 tahun bisa berbuah dan bisa menjadi penghasilan. Saya serahkan bibit manggis 100 dan durian 50 bibit. Coba dihitung berapa penghasilan dari buah yang dihasilkan nantinya. Karena itu mari sekarang rawat pohon itu lewat Gerakan Satu Pohon Sejuta Perubahan,” jelas Ketua Pemenangan Pemilu Bali Nusra DPP Partai Golkar itu.

Selain itu, Amatra juga merasa bangga bersama generasi muda dan masyarakat setempat telah berbuat untuk alam. “Makanya ulian liang di Guliang, tiang selalu tersentak untuk berbuat lebih banyak, dikarenakan masyarakatnya yang sangat menjaga pesidikaran dengan kuat. Mungkin itu karena titah Ida Bhatara, sehingga saya minta generasi muda ikut bergerak menjaga alam tanpa melihat apapun partainya,” tegas Ketua Jaringan Sosial Swadiri Bali (JSSB) ini, seraya mengaku akan segera membantu bale pesandekan di Pancoran Solas yang diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp60 juta. Selain itu Amatra juga menyerahkan sarana peralatan olah raga untuk persiapan pertandingan bola volly di Desa Guliang.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s