Teknologi, Musik, dan Media sosial

di-5-media-sosial-ini-orang-indonesia-pengguna-terbesar-dunia.jpg

Di era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan sangat pesat. Tentunya kemjauan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut secara sadar atau tidak sadar, mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan umat manusia. Salah satu aspek yang terkena efek perkembangan teknologi adalah aspek seni dan budaya. Lebih spesifiknya lagi, adalah music. Teknologi dan musik saat ini merupakan hal yang dapat dikaitkan satu sama lain. Karena pada saat ini, perkembangan teknologi dapat mempengaruhi perkembangan musik, dan bagaimana musik dapat diterima oleh masyarakat. Sedangkan di era teknologi ini, sosial media muncul dan berperan sebagai medium yang mempermudah kita untuk mengakses musik-musik yang kita inginkan. Jadi, antara teknologi, music, dan sosial media, merupakan hal yang saling dapat dikaitkan dan berperan satu sama lain.

Definisi Teknologi

Menurut Oxford Dictionary, teknologi dapat diartikan sebagai penerapan pengetahuan ilmiah ke dalam tujuan praktis, khususnya dalam bidang teknologi computer. Namun lebih mendalam lagi, teknologi dapat dipahami sebagai sistem yang dibuat oleh manusia dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang terorganisasi, untuk menciptakan objek dan teknik dengan suatu tujuan tertentu. Teknologi yang dikembangkan pada suatu benda akan meningkatkan kualitas dan mempermudah penggunaan dari benda tersebut.

Definisi Musik

Merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia, music adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu). Musik berasal dari bahasa Jerman, musikalisch. Musik berasal dari kata muse. Muse adalah nama salah satu dewa dalam mitologi yunani kuno dalam bagi cabang seni dewa seni dan dewa ilmu pengetahuan.

Definisi Media Sosial

Media sosial umumnya dapat kita pahami sebagai alat berbasis web yang digunakan untuk berinteraksi, yang di dalam percakapan yang di lakukan, pengguna bisa berbagi berbagai konten, misalnya foto, video, dan beberapa tautan dari berbagai sumber. Media sosial adalah saluran komunikasi kolektif yang bersifat online. Media sosial dapat memiliki fungsi untuk memasukan berbagai macam konten. Selain itu, di media sosial kita dapat melakukam interaksi antar individu atau grup secara real-time ataupun tidak langsung. Media sosial bisa berupa situs web dan aplikasi yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah forum, microblogging, jejaring sosial, bookmark sosial, kurasi sosial, dan Wikipedia juga adalah salah satu dari berbagai jenis media sosial. Contoh media sosial yang paling banyak dipergunakan masyarakat pada saat ini adalah Facebook, Twitter, Youtube, dan Path.

Perkembangan Teknologi dan Pengaruh Media Sosial Pada Musik

Perkembangan Teknologi Musik

Pada awalnya, manusia hanya biasa mendengarkan musik secara langsung. Benar-benar secara langsung, tidak melalui rekaman. Material cetak pertama yang digunakan adalah kertas lirik dan notasi musik. Pada abad 19-an, di Amerika, orang-orang lebih mengenal penulis lagu, daripada orang atau seniman musik yang membawakannya. Jadi pada masa itu, orang-orang lebih memilih untuk membeli notasi musik atau lirik. Lalu, untuk dapat mereproduksi musik agar bias dikonsumsi oleh masyarakat luas, diciptakanlah musik box dan Nickelodeon. Nickelodeon adalah sejenis kotak musik, atau permainan piano yang dioperasikan dengan koin. Thomas Edison pertama kali mengembangkan perekam dan pemutar ulang suara, atau phonograph ini, ia membayangkan menggunakan suatu perangkat untuk merekam, atau yang cara kerjanya seperti mesin penjawab telepon, tapi dengan penggunaan utamanya adalah sebagai hiburan musikal. Dan pada tahun 1906, Victor Talking Machine Company mengenalkan Victrola. Victrola adalah phonograph yang namanya telah dipatenkan oleh perusahaan tersebut. Sejak itu, orang-orang menjadi gemar mendengarkan musik di rumah mereka masing-masing, hingga phonograph sangat cepat dijadikan media bagi orang-orang yang ingin mendengarkan music. Pada masa itu, jenis musik pertama yang digemari oleh masyarakat adalah musik jazz, sedangkan orang Afrika-Amerika lebih suka mendengarkan musik blues, walaupun tidak terlalu disukai oleh kelompok lain. Secara meningkat, baik musisi dan penikmat musik sama-sama mulai mendengarkan musik melalui format baru digital. Saat ini, musik umumnya direkam dalam bentuk CD atau compact disc. Dengan banyak beredarnya musik atau audio dalam bentuk format compact disc, semakin berkembang juga teknologi pemutar medianya, orang-orang mungkin lebih mengenalnya dengan CD player atau pemutar CD digital. Selanjutnya, dari format CD, format musik atau audio bergerser ke format MP3. MP3 adalah MPEG (Moving Picture Expert Group) audio layer III. MP3 sebuah ekstensi file yang memungkinkan penyimpanan sebuah musik atau audio dalam ukuran yang lebih kecil, namun tetap tidak berkurang kualitasnya. Tapi, jikak ita ingin ukuran file yang lebih kecil, kita juga bisa mengompress ukuran file tersebut, namun dengan konsekuensi, semakin kecil ukuran file, semakin rendah juga kualitasnya. Jadi pada standarnya, kualitas suara yang dihasilkan file MP3, dapat setara dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh data dalam format CD.

Pengaruh Media Sosial terhadap Musik

Akses kita ke dalam dunia musik semakin mudah sejak dikembangkannya bebrapa media sosial yang berisi konten-konten tentang musik. Karena perkembangan ini, masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengetahui perkembangan musik terbaru. Jenis musik apa yang sedang menjadi tren saat ini. Siapa musisi yang paling digemari orang banyak saat ini. Kita juga bisa mengetahui video-video musik terbaru, dan lagu-lagu yang sebentar lagi akan dirilis ke publik. Semua informasi ini bisa kita dapatkan hanya dengan membuka situs-situs yang berisi konten musik. Oleh karena itu, media sosial sangat berperan penting dalam penyebaran musik, sehingga musik-musik terbaru dapat dengan cepat sampai kepada masyarakat luas.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s