13 Hak Anak

International_Childrens_Day_Clipart

 

Berikut 13 hak anak yang wajib Anda penuhi sebagai orang tuanya:

Memberikan perhatian meskipun anak belum lahir

Seorang ayah wajib memberikan perhatian kepada istri yang sedang hamil dan juga ikut serta melindungi anak di dalam rahim sang ibu.

Bahagia dengan kelahiran anak

Saat anak sudah, anda sebagai orang tua harus memperlihatkan rasa senang dan bahagia ketika sang anak dilahirkan, baik anak perempuan ataupun laki-laki. Anda harus tetap harus bersyukur dengan apapun kondisinya karena anak adalah anugerah dari sang ilahi.

Memberikan ASI Eksklusif

ASI sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika ibu tidak memiliki penyakit tertrntu yang tidak menular kepada sang anak, lebih baik anak diberikan susu ASI

Memberikan waktu bermain

Sebagai orang tua Anda berkewajiban memberikan setiap anak waktu untuk bermain bersama teman-temannya atau kesempatan bebas untuk menggunakan energinya dengan kegiatan yang disenanginya. Seringkali karena anak belum bijaksana mengatur jadwal bermainnya Anda bertanggung jawab agar ia mempunyai waktu yang berkualitas dalam kehidupannya. Ketika anak masih kecil dia dapat belajar sambil bermain, namun saat usianya bertambah Anda dapat membimbing dia untuk belajar kemudian bermain.

Memberikan pendidikan

Seorang anak penting untuk mengenyam pendidikan agar dia dapat menjadi manusia yang berkualitas di kemudian hari. Alangkah baiknya bila Anda sebagai orang tua mau menolong anak untuk maju menatap masa depannya dengan belajar rajin agar dia dapat lanjut hingga perguruan tinggi sesuai dengan cita-cita yang anak Anda inginkan.

Memberikan perlindungan

Kehidupan yang sulit saat ini sering menimpa anak yang tidak mendapat perhatian dari orang tuanya. Perundungan, pelecehan, ancaman, penindasan dan lainnya kerap terjadi. Anda bertanggung jawab untuk melindunginya dari semua ini.

Memberikan nama/identitas bagi anak

Berikan nama yang sepatutnya dia dapatkan dan adalah haknya untuk memiliki sebutan bagi dirinya sendiri.

Memberi nama yang baik sama halnya memberi doa kepada anak karena nama itulah yang akan mewakili dirinya untuk kehidupanya di masa depannya dan lebih baik lagi jika memberikan nama dengan nama yang islamiya

Memenuhi kebutuhan makanannya

Anak-anak tidak minta dilahirkan ke dunia ini tapi ketika mereka dilahirkan dan hidup maka adalah tugas Anda untuk memberinya makanan serta minuman yang sehat.

Memberikan kesempatan berekreasi

Ajaklah anak Anda sesekali untuk menghabiskan waktu bersama untuk rekreasi. Bila keuangan Anda pas-pasan, carilah kegiatan rekreasi yang tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Anda bisa pergi ke taman kota, bersantai dan bercerita tentang masa kecil Anda serta perjalanan hidup Anda untuk memberikan inspirasi bagi anak-anak.

Memberikan akses kesehatan

Saat anak sedang menderita sakit adalah haknya untuk mendapatkan perawatan sebaik-baiknya agar dia pulih kembali kesehatannya.

Memberikan kesamaan hak

Kadang-kadang orang tua sering tidak menghargai bahwa anak memiliki hak untuk berpendapat dan membuat pilihan. Adalah tugas orang tua untuk menolong anak-anak memahami fakta dan hukum sebab-akibat, berdiskusi dengannya kemudian membiarkan anak-anak mengemukakan pendapatnya.

Mendapatkan status kebangsaan

Dalam hubungan manusia yang lintas negara, maka pernikahan campuran sering terjadi. Anak-anak yang lahir dari pernikahan campuran perlu mendapatkan status kebangsaan yang jelas dan ini adalah tanggung jawab Anda untuk mengurusnya.

Memberikan kesempatan berperan dalam pembangunan

Biarkan anak Anda untuk ambil bagian dalam pelatihan keterampilan dengan mengajarkannya keahlian. Hal itu akan menolongnya untuk tumbuh maju dan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara di mana dia tinggal.

 

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s