Musik Bertema Lingkungan Hidup

mmusik ddaan lliinngkunngaan

 

“Music gives a soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination and life to everything.” – Plato.

Banyak yang bilang, manusia tidak bisa hidup tanpa musik. Musik menjadi satu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan rasa cinta dan kepedulian antar sesama manusia dan dunia.

Kepedulian terhadap lingkungan pun menjadi inspirasi dalam penciptaan sebuah lagu. Bukan hanya musisi dalam negeri, tapi secara global, musisi-musisi internasional juga sudah menciptakan lagu-lagu lingkungan yang dipadukan dengan melodi indah agar dapat merasuki semua pendengarnya untuk tidak hanya sekedar mendengar namun bertindak.

Nah, apa saja sih pilihan lagu bertemakan lingkungan yang masuk dalam plasylist Greeners? Yuk, disimak:

 

1. Jamaica Café – “Hijaukan Bumiku”
“Mari teman-teman hijaukan bumi kita demi masa depan, anak cucu kita/ Mari teman-teman hijaukan bumi kita demi masa depan, bumi aman hidup pun nyaman..”

Lagu bertemakan lingkungan ini masuk dalam album “Twenty One” yang diciptakan oleh Jamaica Café. Ajakan untuk menyintai bumi jelas tertuang dalam liriknya yang sederhana namun dibawakan dalam akapela yang penuh semangat.

2. Naif – “Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia”
“Manusia berkembang menurut perkembangan jaman yang ada/ Tengoklah kiri dan kanan sudah banyak gedung yang tinggi menjulang/ Pohon-pohon yang dulu hijau kini telah berubah menjadi batu/ Kurasa manusia kini tak pernah peduli lagi dengan alamnya..”

Lagu ini masuk dalam album ketiga Naif yang berjudul “Titik Cerah” yang rilis tahun 2002. Dengan mengusung genre Pop, lagu ini terasa asyik untuk didengar dengan kata-kata yang menggambarkan realita keadaan bumi kita.

3. /rif – “Pelangiku Sirna”
“Sini nak kukisahkan o tentang hutan/ yang kini semua hanyalah tinggal cerita/ Diperkosa para durjana/ melahirkan malapetaka..”

Lagu yang dibawakan oleh grup band rock yang terbentuk tahun 1992 dengan nama awal “Badai Band” ini menyindir orang-orang durjana dan tamak yang tidak lagi memperhatikan bumi. Lirik lagu ini seakan menceritakan tentang apa yang akan dialami oleh anak cucu kita di masa yang akan datang. Lagu yang masuk dalam album ‘7’ ini memang lebih banyak mengangkat perihal lingkungan hidup, sosial, politik, dan kemanusiaan.

4. Navicula – “Orangutan”
“Orangutan muda diculik perambah rimba/Dibawa paksa ke kota/ Jadi hiburan manusia / Terpenjara..”

Lagu ciptaan grup band asal Bali ini menceritakan kehidupan orangutan yang menjadi sasaran kejahatan manusia. Navicula mencoba menyuarakan kepedulian mereka terhadap populasi orangutan yang semakin berkurang saat ini.

5. Sarah McLachlan – “World On Fire
We part the veil on our killer sun/ Stray from the straight line on this short run/ the more we take, the less we become/ The fortune of one that means less for some/

World On Fire” yang masuk dalam album “Afterglow” yang rilis tahun 2003 ini menyindir perilaku manusia yang mengeksploitasi bumi tanpa memikirkan dampaknya di masa depan. Lagu dengan durasi 4 menit 22 detik ini mengajak kita untuk tidak terus-menerus mengeruk apa yang bumi sediakan.

6. Kenny Loggins – “Conviction Of The Heart
Isn’t it time to stop somehow?/ Air that’s too angry to breathe/ Water our children can’t drink/ You’ve heard it hundreds of times/ You say you aware, believe and you care, but… / Do you care enough/ To talk with conviction of the heart?/

Lagu ini mengajak kita untuk memaknai kembali sejauh mana arti peduli yang kita teriakan untuk bumi ini. Tembang lawas ini membiarkan kita untuk mengevaluasi kembali apa yang sudah kita lakukan untuk bumi ini. Jika kita memang mencintai bumi ini, lakukanlah yang terbaik untuknya.

7. Coldplay – “Paradise
When she was just a girl/ She expected the world/ But it flew away from her reach/ So she ran away in her sleep/ Dreamed of para-para-paradise/

Dalam video clip-nya, Coldplay mengisahkan tentang seekor “gajah” yang terpenjara dalam kebun binatang. Sang Gajah akhirnya kabur untuk mencari kawanannya di alam bebas.

 

 

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s