Baby Metal

baby metal

 

 

 

 

 

BABYMETAL adalah grup vokal dan tari (band) beraliran exprimental metal asal Jepang yang awalnya terbentuk pada tahun 2010 sebagai sub-unit dari grup idola Sakura Gakuin. Band ini terdiri dari 3 gadis sekolah: SU-METAL (vokal, tari), MOAMETAL (teriakan, tari) dan YUIMETAL (teriakan, tari).Album mereka berhasil menempati peringkat ke-4 di tangga lagu album mingguan Oricon, dengan total sejumlah 37.463 kopi terjual di Jepang di minggu pertama, ke-2 di tangga lagu album Billboard Japan,dan ke-187 di Billboard 200 Amerika Serikat yang merupakan salah satu posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album Jepang di chart tersebut sampai saat ini dan vokalis dari “BRING ME THE HORIZON(Oliver sykes)”juga ngen-fans kepada mereka

2010 – 2012: Awal Berdiri

Grup ini pertama kali dibentuk pada 2010 sebagai sub unit grup perempuan Sakura Gakuin, yang dimaksudkan untuk mewujudkan sebuah “gabungan metal dan idol [music]” Tidak ada yang tahu dari ketiga anggota tersebut apa itu musik metal sebelumnya saat band itu terbentuk.

Babymetal pertama kali tampil secara live pada 28 November 2010, di konser solo pertama Sakura Gakuin. Lagu pertama mereka adalah “Doki Doki Morning”, yang sebenarnya diterbitkan pada April 2011 dalam album Sakura Gakuin Sakura Gakuin 2010 Nendo: Message. Band ini membuat sebuah video musik untuk lagunya dan pada Oktober 2011 mulai dimunculkan sebagai DVD single yang ditujukan untuk distribusi terbatas [penampilan live saja]. Setelah diunggah ke Youtube pada bulan yang sama, bertepatan pada akhir 2012 penonton video mencapai 1 juta views. Pada Juli 2011, Babymetal memulai debut mereka dengan lagu, “Ijime, Dame, Zettai” (” tidak ada lagi pelecehan”), dalam konser Sakura Gakuin, tetapi lagu itu hanya dinyanyikan selama konser live pada waktu itu. Video musik pertama mereka adalah “Doki Doki Morning” yang diterbitkan oleh channel Toy`s Factory di Youtube pada 12 Oktober 2011.

Single CD Babymetal yang pertama kali adalah hits kolaborasi dengan sebuah band bernama Akiba, yang berjudul “Babymetal × Kiba of Akiba”. Diterbitkan dalam sebuah sublabel Toy`s Factory (Jūonbu Records, Sublabel yang sama seperti “Doki Doki Morning” dan kemudian “Headbanger” ). Pada Maret 2012,yang mana lagu itu menduduki peringkat ketiga pada tangga lagu Oricon weekly indie chart dan nomor satu di Tower Records Shibuya weekly indie ranking. Pada Juli 2012, Babymetal merilis sebuah lagu yang berjudul “Headbanger”. Video musik untuk trek judul disutradarai oleh Hidenobu tanabe . Pada Agustus 2012, Babymetal memulai debutnya di Japan’s Summer Sonic Festival. Dengan usia rata – rata 12 tahun, band ini menjadi penampilan termuda yang pernah muncul disana. 2012 juga menandai tour Asia pertamanya ke luar Jepang untuk pertama kalinya di AFA 2012 Singapura.

2013 – 2015: Debut Label Utama

Pada Januari 2013, band ini memulai debutnya pada label rekaman utamanya dengan “Ijime, Dame, Zettai”. Single ini terjual mencapai angka 19,000 kopi lagu dalam minggu pertamanya dan menduduki peringkat ke 6 di tangga lagu Oricon weekly indie chart. Pada musim semi 2013, Nakamoto lulus dari pendidikan menengah atasnya dan kemudian harus “lulus” dari Sakura Gakuin (sebuah grup perempuan tingkat dasar dan menengah atas). Walaupun begitu, manajemen mereka memutuskan bahwa babymetal tidak akan bubar dan akan melanjutkan aktivitasnya sebagai sebuah band. Grup ini merilis single lanjut mereka , “Megitsune”, pada 19 Juni, diikuti bulan November dengan perilisan video secara Live Live: Legend I, D, Z Apocalyps, yang mana menduduki tempat ke tujuh dalam the weekly Oricon Blu-ray Disc charts, dan tempat kedua di antara single Blu-ray lainnya.

Pada 10 dan 11 Agustus 2013, babymetal mengambil bagian lagi dalam Summer Sonic Festival, yang tampil di dua tempat yaitu Tokyo dan Osaka, kemudian, pada Oktober 2013, Babymetal juga menjadi penampilan termuda yang pernah muncul di heavy metal music festival Loud Park. Pada Bulan November 2013, Babymetal merilis sebuah video promo untuk debut film Metallica di Jepang Through the Never. Dan mendekati akhir 2013 babymetal melakukan tour Asia lainnya di Indonesia pada AFAID 2013 dan kedua kalinya di Singapura setelah tour asia di luar negeri pertama mereka pada 2012.

Pada 26 Februari 2014, babymetal merilis album self-titled perdananya. album tersebut berisi 13 trek lagu dan juga tersedia dlam edisi terbatas termasuk DVD dengan Video musik dan penampilan live. Album ini sangat diterima dengan sangat baik oleh kritikus musik dan publik, terjual sebesar 37,000 kopi di Jepang pada minggu pertamanya, menduduki peringkat 4 di tangga lagu Oricon dan Billboard Japan. Album ini juga menduduki posisi terbaik di iTunes Metal charts di Jerman, Inggris, dan Amerika, dan mencapai urutan 187 pada US Billboard 200 chart pada 22 Maret; hanya sedikit artis Jepang yang pernah masuk di tangga lagu ini. Album mereka juga berhasil masuk ke dalam Heatseekers chart di urutan ke 4. pada 1 dan 2 Maret 2014, band ini menampilakn 2 konser di Budokan. Dengan rata – rata usia 14 tahun. mereka menjadi penampilan termuda yang pernah melakukan konser disana. Dua konser tersebut dihadiri 20,000 orang. Pada 3 April 2014, video reaksi Youtube dengan terkejut diunggah oleh Fine Brothers channeldi Youtube tentang video musik “Doki Doki Morning”, “line!”, and “Gimme Chocolate!!”. Pada 30 April 2016, video reaksi Babymetal untuk reaksi mereka di rilis di Youtube.

 

sumber

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s