Pemilihan Saxophone Pertamaku.

saxophone

Jangan hanya mendengar dari satu orang saja. Karena mungkin orang yang kamu tanyakan juga penjual saxophone dan memberikan jawaban berdasarkan barang dagangan yang dipunya. Coba browsing beberapa artikel atau website/komunitas (facebook, forum) dan tanyakan pendapat beberapa orang sebelum membeli. Beberapa pertimbangan yang bisa diambil :

 

1. Ukuran Saxophone

Ukuran Saxophone Standard

Ukuran yang umum dimainkan dari yang kecil adalah Soprano, Alto, Tenor, Baritone. Untuk remaja dan anak-anak saran membeli saxophone nya lebih disesuaikan ke ukuran badan agar lebih nyaman untuk belajarnya, lebih disarankan beli Alto jika ukuran badan normal. Semakin besar saxophonenya maka bobot dan udara yang digunakan untuk meniup akan semakin besar.

 

Untuk yang sudah dewasa pertimbangan terbesar lebih ke suara yang dihasilkan. Karena setiap jenis saxophone menghasilkan jenis dan karakteristik suara yang berbeda. Disarankan browsing dahulu di youtube untuk mendengarkan suara masing-masing saxophone. Semakin kecil saxophone maka nada/suara yang dihasilkan semakin tinggi frekuensinya dan kebalikannya semakin besar saxophone maka nada/suara yang dihasilkan akan semakin rendah frequensinya. Soprano nada dasar di Bb (B mol) artinya kalau posisi jari di saxophone C (do), maka saat dimainkan di piano bunyinya akan sama dengan Bb (B mol). Untuk Alto nada dasarnya Eb (E mol). Untuk Tenor nada dasarnya Bb tapi suara yang di hasilkan untuk posisi jari (fingering) yang sama adalah 1 oktav di bawah Soprano. Untuk baritone nada dasarnya Eb (E mol) dan 1 oktav di bawah Alto.

 

Perlu diingat setiap jenis saxophone memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, semakin kecil saxophone nya maka semakin sulit dikontrol tetapi semakin sedikit nafas yang dibutuhkan untuk menghasilkan suara dan kebalikannya.

Sangat disarankan jika anda mempunyai teman dapat mencoba beberapa jenis saxophone yang mereka punyai terlebih dahulu sebelum menentukan jenis saxophone pertama kamu. Atau cari informasi komunitas saxophone yang paling dekat dengan kamu dan lihat mereka bermain dan jika memungkinkan kenalan dan mencoba saxophone mereka. Jika anda masih kesulitan menentukan pilihan dan tidak mempunyai teman yang mengerti disarankan untuk membeli alto karena kesulitan dan nafas yang dibutuhkan normal dan untuk dijual kembali lebih banyak peminat dibanding jenis lainnya.

2. Merek dan Harga

Perbedaan harga untuk saxophone sangat jauh antar merek dan jenis. Tentu hal memusingkan bagi yang baru mengenal saxophone takut salah beli di awal dan menyebabkan permainan menjadi sulit berkembang. Buang semua ketakutanmu karena faktor penentu perkembangan anda bermain dan suara yang dihasilkan adalah ketekunan dan keseriusan latihan. Latihan sebentar tetapi teratur dan dilakukan setiap hari lebih baik dibandingkan latihan panjang yang dilakukan dalam beberapa waktu sekali misal seminggu sekali. Faktor yang paling besar dari jenis dan indahnya suara yang dihasilkan oleh saxophone adalah embochure (konstruksi rahang/mulut dan posisi bibir/mulut saat bermain) yang hanya didapat dari latihan yang tekun dan teratur. Selmer Mark VI di tangan pemula akan terdengar kurang bagus dan Saxophone China/Taiwan yang murah di tangan professional akan terdengar indah.
Pertimbangan membeli saxophone pertama anda adalah isi kantong yang ingin anda investasikan untuk belajar. Jika sekitar 5 juta mungkin saxophone buatan china/taiwan seperti Ostrava, Harrier, Maxtone, Valentine sudah layak dijadikan teman bermain. Jika anda mempunyai teman yang mengerti saxophone dan berencana membeli saxophone bekas dengan budget yang sama dengan saxophone China/Taiwan ada beberapa merek yang banyak beredar di Indonesia yang secara kualitas sangat baik seperti Selmer Bundy dan Vito. Bawalah teman yang mengerti jika ingin membeli saxophone bekas karena jika memilih yang tidak tepat, biaya yang dikeluarkan dapat mendekati harga saxophone nya untuk memperbaikinya ke kondisi layak pakai.
Jika mempunyai isi kantong lebih dapat mempertimbangkan merek seperti Yamaha, Henri Selmer, P. Mauriat dan lain sebagainya. Harganya berkisar 15 – 30 juta untuk jenis pemula (student). Dan dapat mencapai ratusan juta untuk profesional dan Custom model.
Perbedaan antara harga yang mencolok tersebut lebih ke kualitas logam yang dipakai serta fitur-fitur yang mempengaruhi kenyamanan dipakai serta kualitas suara yang akan anda pahami dan mengerti setelah pengalaman bermain beberapa tahun.
Saxophone merek dan harga apapun yang anda pilih tidak akan mempengaruhi cara bermain anda sampai tahap anda mengerti betul mengenai perbedaan tersebut, selama kondisi saxophone tersebut layak pakai silahkan sesuaikan dengan kantong anda.

3. Apakah masih butuh aksesoris lain untuk membantu meningkatkan permainan?

Reed Saxophone

Mungkin saat membeli anda akan ditawari beberapa aksesoris tambahan yang jika anda membeli sekaligus mungkin mendapat diskon seperti mouthpiece, ligature, dan sebagainya. Sebenarnya aksesoris yang disediakan saat membeli saxophone sudah cukup walaupun kualitas nya tidak terlalu bagus. Namun saat anda mengerti kenapa “tidak terlalu bagus” maka di saat itulah anda butuh memperbaharui aksesoris anda. Karena membeli di awal untuk sesuatu yang anda tidak mengerti sangat tidak disarankan karena disaat anda mengetahui nya dan tidak sesuai dengan selera anda akan sia sia dan tidak dapat digunakan. Yang perlu anda siapkan sebagai cadangan adalah Reed (sebilah bambu kecil untuk sumber bunyi), beli beberapa nomor (nomor menentukan ketebalan reed tersebut) saya sarankan beli nomor 1 dan 1,5 dan 2 dan 2,5 masing-masing satu buah. Saat anda sudah bisa mengeluarkan bunyi silahkan coba masing-masing reed yang mana paling nyaman menurut anda dan untuk penggantian selanjutnya beli reed yang bernomor sama.

Nah setelah membeli silahkan mencoba membunyikannya di rumah atau langsung belajar di tempat les atau bersama teman untuk mencoba saxophone yang anda gunakan sudah sesuai tune nya dan dalam keadaan baik serta semua yang anda butuhkan untuk bermain sudah lengkap.

Berikut beberapa merek dan type saxophone yang biasa digunakan untuk Student (Pemula) yang banyak beredar di Indonesia :
1. Yamaha YAS 280, YAS 21, YAS 23, YAS 26, YAS 275
2. Selmer Bundy I dan II (Bekas)
3. Leblanc Vito Japan (1 Pabrikan dengan Yamaha)
4. Buffet Evette (Prancis)
5. Selmer AS 300

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s