7 Perayaan Halloween di Berbagai Belahan Dunia

Perayaan Halloween dimeriahkan setiap tanggal 31 Oktober dan telah dirayakan sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu, lho! Perayaan ini muncul ketika bangsa Celtic percaya bahwa pembatas antara dunia orang mati dan orang hidup telah terbuka. Akibatnya, roh jahat akan berkeliaran dan mengganggu umat manusia. Untuk menghindari ancaman tersebut, maka manusia harus memakai kostum yang menyeramkan agar roh jahat mengira manusia adalah teman mereka.

Tradisi unik ini kemudian menyebar dan rutin dirayakan setiap tahun di segala penjuru dunia dengan cara unik masing-masing. Nah, simak yuk bagaimana Halloween dirayakan di sejumlah negara berikut.

Amerika Serikat

Perayaan Halloween

Sumber: NycgoSetiap tahunnya, perayaan Halloween di Amerika sangat meriah dan ramai diikuti oleh anak kecil dan orang dewasa. Kamu juga pasti sudah nggak asing dengan tradisi Halloween di negara ini dimana orang-orang akan mengenakan kostum-kostum seram dan berkeliling mengetuk pintu dan mengucapkan “Trick or Treat!” . Pemilik rumah kemudian membuka pintu dan memberi segenggam permen yang akan ditaruh di dalam kantung permen si pengetuk pintu.

Perayaan Halloween terbesar di Amerika ada di kota New York yang dikenal dengan sebutan The Village Halloween Parade. Setiap tahunnya, sekitar 50 ribu orang akan berpartisipasi memeriahkan acara ini dengan memakai kostum-kostum menarik. Seru ya?

Jepang

Perayaan Halloween

Sumber: Japanese ReaderKetika merayakan Halloween, penduduk Jepang akan mengadakan festival Obon. Di festival ini, mereka menyiapkan manisan, makanan yang dipercaya mampu mengundang leluhur untuk datang berkumpul bersama keluarga mereka. Di akhir festival Obon, mereka akan menyalakan api di lentera dan kemudian dihanyutkan ke sungai atau laut untuk mengirim kembali arwah leluhur.

Selain itu, Halloween juga dimeriahkan oleh para anak muda yang mengenakan kostum-kostum unik sambil berkumpul di pusat keramaian dan berteriak “Happy Halloween!”.

Austria

Perayaan Haloween

Sumber: Japanese ReaderKetika merayakan malam Halloween di Austria, penduduk akan menyiapkan roti, air, dan lampu di atas meja sebagai persembahan kepada roh yang diyakini sebagai roh keluarga dan kerabat. Roh-roh ini akan datang ke rumah sambil membawa keajaiban dan kebahagiaan untuk keluarga yang ditinggalkan, serta sekaligus memudahkan mereka untuk kembali ke tempat peristirahatan dengan damai.

Di Austria juga ada tradisi mendekorasi makam orang-orang terdekat dengan menggunakan lentera kecil serta percikan air suci untuk mendoakan mereka supaya hidup dalam damai di alam sana.

Filipina

Perayaan Halloween

Sumber: Japanese ReaderPerayaan Halloween di Filipina lebih dikenal dengan sebutan Pangangaluluwa, dimana orang-orang mengenakan kostum seram sambil menyanyikan pujian-pujian dari rumah ke rumah. Nyanyian ini bermaksud untuk mengenang kebaikan dan mendoakan roh-roh yang masih terjebak di dunia untuk bisa kembali ke Surga dengan damai.

China

Perayaan Halloween

Sumber: HolidayPleaseBlogDi China, Halloween diperingati sebagai perayaan Teng Chieh, yakni perayaan untuk orang-orang yang sudah meninggal. Di hari tersebut, warga China akan mengunjungi makam keluarga atau kerabat dengan membawa makanan, bunga, dan mendoakan mereka.

Selain itu, mereka juga membakar lentera dan kemudian menerbangkannya. Tujuannya agar roh-roh yang berkeliaran dapat kembali ke Surga sambil mengikuti cahaya api itu.

Jerman

Perayaan Halloween

Sumber: The German WayPerayaan Halloween di Jerman cukup unik. Selain menyiapkan sejumlah dekorasi horor, para penghuni rumah juga akan menyembunyikan seluruh pisau yang ada di rumahnya. Dengan melakukan itu, mereka percaya akan terhindar dari gangguan roh jahat yang bisa menyakiti mereka menggunakan pisau-pisau tersebut.

Indonesia

Perayaan Halloween

Sumber: While You On EarthNah, kalau di Indonesia sendiri, walaupun perayaannya nggak semeriah negara-negara di atas, suasana Halloween masih bisa kamu temukan di mall-mall atau cafe yang penuh dengan dekorasi bertema Halloween.

Di Indonesia, perayaan Halloween hanya dimeriahkan oleh kalangan tertentu saja. Biasanya akan ada acara-acara cosplay atau party berkonsep Halloween di sejumlah bar. Selain dekorasi ruangan, bahkan menu makanan dan minuman juga bisa diubah dengan nama dan bentuk bertema Halloween, lho!

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia di Luar Negeri


Nah, itulah perayaan-perayaan Halloween unik dari sejumlah negara. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Indonesia bukan negara yang merayakan Halloween dengan meriah. Namun, kamu masih bisa membuat sebuah pesta kostum yang dilengkapi dekorasi-dekorasi bertema Halloween. Dijamin nggak kalah seru deh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s